loading...

Siapa Bilang Ikan Lele Mengandung Kanker? Ini Penjelasan Lagsung Dari Dokter Terkait Manfaat lele Bagi Kesehatan

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi para pecintanya, rasanya yang sangat gurih dan harganya yang relatif terjangkau sehingga ikan ini menjadi makanan yang disukai banyak kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa.


Di dalam ikan lele mengandung banyak nutrisi, salah satunya yaitu mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mampu mencegah kanker, bahkan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur juga dapat mengurangi dampak dari peradangan seperti artritis reumatoid.

American Heart Association juga bahkan sangat merekomendasikan kepada kita agar mengkonsumsi ikan sebanyak 2 porsi atau sekitar 3.5 ons setiap minggunya.

Untuk kesehatan tubuh, sebaiknya anda memilih ikan lele yang dibudidayakan dengan cara yang baik dan tidak terkontaminasi dengan bahan kimia mercuri. Sedangkan bagi ibu hamil, sebaiknya melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah lele tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Lalu, apa saja manfaat mengkonsumsi ikan lele bagi kesehatan kita?

Berikut ini merupakan beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam ikan lele, diantaranya yaitu :

Mengandung asam lemak omega 3
Kandungan asam lemak omega 3 ini sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan resiko penyakit jantung. Terutama sangat bermanfaat untuk menurunkan trigliserida dan sekaligus mampu melawan peradangan dan membantu mencegah resiko kanker serta artritis.

Sumber protein
Salah satu makanan sumber protein yaitu ikan lele, meskipun daging ikan lele tidak mengandung karbohidrat tetapi sangat padat dengan protein. Ikan lele mengandung protein sekitar 53% dari jumlah total kandungan kalori yang terdapat dari 3 ons ikan lele yang telah dimasak, jadi sekitar 63 kalori merupakan sumber protein. Jumlah tersebut mampu memenuhi 28% kebutuhan protein harian tubuh bagi pria dan 34% kebutuhan protein harian bagi wanita.

Vitamin B
Ikan lele juga mengandung sumber vitamin B12, kandungan vitamin tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada setiap 3 ons ikan lele mengandung 2.3 mikrogram vitamin B12 atau setara dengan 100% dari 2,4 mikrogram vitamin B yang dibutuhkan pada pria dan juga wanita dewasa.

Lalu, bagaimana cara tepat untuk mengolah ikan lele agar kadar kolesterol dalam tubuh kita tetap terjaga? Masaklah ikan lele dengan cara di bakar atau dapat juga di panggang. Tapi jika anda lebih suka dengan cara di goreng, maka sebaiknya gunakan minyak goreng yang terbuat dari kacang kedelai atau minyak dari bunga matahari.

Setelah anda mengetahui manfaat mengkonsumsi ikan lele, apakah anda masih menganggapnya sebagai makanan yang menjijikan dan berbahaya bagi kesehatan?

Informasi ini dijelaskan oleh dr, Kartika Mayasari Klikdokter.com

Siapa Bilang Ikan Lele Mengandung Kanker? Ini Penjelasan Lagsung Dari Dokter Terkait Manfaat lele Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar